Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PS5 Dualsense

Tempatkan Tempatkan pengontrol DualShock era PlayStation 1 di samping pengontrol PlayStation, dan Anda mungkin kesulitan membedakan keduanya. Tentu, ada peningkatan ergonomi dan fitur baru yang ditambahkan ke pengontrol PlayStation, dari touchpad hingga light bar, tetapi keseluruhan tata letak dan desain tidak banyak berubah dalam 23 tahun sejak DualShock pertama turun. Ini adalah tingkat komitmen yang mencengangkan bagi Sony, tetapi juga bukti betapa kuatnya desain aslinya. Lagipula, jika tidak rusak.

Itulah mengapa foto pertama dari pengontrol DualSense baru PlayStation 5 sangat mengejutkan. Tombol wajah bertanda bentuk ada di sana, seperti halnya tongkat analog simetris, tetapi pegangan DualShock yang tebal dan gemuk telah diganti dengan pegangan yang lebih panjang dan lebih tipis yang menukik ke bawah, tampak seperti croissant hitam-putih. Kenapa, Sony? Mengapa mengacaukan sesuatu yang bekerja dengan baik?

Nah, sekarang saya tahu kenapa. Ini mungkin pengontrol terbaik yang pernah saya gunakan.

APAKAH DESAIN BARU DUALSENSE LEBIH BAIK?

Foto tidak cukup menangkap atribut pengontrol DualSense yang baru. Dalam gambar diam, ini tidak terlihat seperti sesuatu yang ingin saya pegang. Bahkan hanya dengan melihatnya di atas meja, rasanya tidak terlalu nyaman. Saya ingat menguatkan diri sebelum mengambilnya untuk pertama kalinya minggu lalu, mengetahui saya akan terjebak dengan pengontrol ini selama tujuh tahun atau lebih ke depan.

PS5 Dualsense

Tampak atas pengontrol PS5 DualSense

Tetapi ketika saya melingkarkan tangan saya pada pegangan DualSense yang baru dan panjang, ia berbunyi klik. Sial, pengontrol ini enak dipegang. Pegangan yang lebih panjang berarti seluruh tangan saya dapat bertumpu pada mereka dengan nyaman, berbeda dengan DualShock 4, yang dapat menyebabkan sindrom kelingking mengambang untuk pemain dengan tangan yang lebih besar.

Dan karena pegangannya tipis dan agak miring di belakang, rasanya saya memiliki pegangan yang lebih aman daripada yang saya lakukan dengan pegangan DualShock 4 bulat eksklusif. Lengan DualSense baru terasa seperti dibuat dengan konsep bahwa jari memiliki sendi dan tidak benar-benar menekuk dalam lingkaran yang sempurna. DualSense cocok dengan tangan saya seperti jabat tangan terbaik yang pernah saya miliki.

Ada terlalu banyak jenis tangan di seluruh spektrum untuk memperhitungkan gaya dan preferensi pribadi setiap orang. Beberapa rekan saya pernah mengalami ketegangan tangan saat menggunakan DualSense selama beberapa jam, jadi jarak tempuh mungkin berbeda dari orang ke orang.

BERAPA BANYAK PEMICU ADAPTIF + HAPTICS BENAR-BENAR PENTING?

Penyempurnaan lainnya yang dilakukan pada pengontrol PlayStation 5 baru tidak langsung terlihat setelah Anda mengambilnya, tetapi segera menjadi jelas setelah Anda mulai memainkan game yang dirancang untuk menggunakan fitur-fitur gamepad.

Pemicu L2 dan R2 pengontrol baru terasa hampir sama dengan yang ada di DualShock 4 dalam keadaan normal. Tetapi jika Anda kebetulan tersandung pada game yang mendukung fungsi "pemicu adaptif", sesuatu yang ajaib terjadi.

PS5 Dualsense

Pemicu pengontrol PS5 DualSense

Pemicu adaptif berarti bahwa gaya yang diperlukan untuk menarik pelatuk dapat berubah bergantung pada apa yang terjadi di layar. Dalam kesan awal saya tentang Ruang Bermain Astro, saya berbicara tentang menekan pegas dan merasakan peningkatan tekanan yang mendorong saya di pelatuk. Di Bugsnax, saat mengambil foto makhluk, 10% pemicu terakhir berubah menjadi tombol "dapat diklik", memberikan ilusi pengambilan bidikan dengan DSLR.

Untuk lebih menjual ilusi ini, Sony menggunakan speaker internal DualSense untuk meniru suara pegas atau rana yang keluar, membuat saya merasa ini adalah hal-hal yang benar-benar terjadi di tangan saya saat saya bermain.

Bagian terakhir dari trik sulap ini menggunakan haptics baru. Anggap saja seperti generasi berikutnya dari teknologi getaran. Daripada hanya dibatasi pada perasaan gemuruh yang sama untuk semuanya, ada lebih banyak variasi dalam apa yang dapat dihasilkan pengontrol PS5 untuk meniru peristiwa di layar. Kaki kecil Kapten Astro yang mengetuk permukaan kaca di Ruang Bermain Astro terasa sangat berbeda dari robot yang berdiri di dekat ledakan besar, misalnya.

Ketiga fitur ini digabungkan untuk memberi saya lebih banyak rasa "generasi berikutnya" daripada visual 4K atau HDR yang pernah ada.


PS5 Dualsense

Pengontrol DualSense di depan konsol PS5

Pertanyaan besarnya sekarang adalah berapa banyak dari fitur-fitur ini yang akan benar-benar muncul di sebagian besar game PS5. Aman untuk mengharapkan bahwa judul yang diterbitkan Sony akan bersandar pada fungsi ini - jika Horizon Forbidden West tidak memiliki pemicu tali busur, saya akan terkejut - tetapi game pihak ketiga dapat dengan mudah berhemat atau mengabaikan fungsi ini sepenuhnya, karena itu memang membutuhkan lebih banyak pekerjaan untuk menyertakan fitur yang hanya didukung oleh satu platform.

Ada juga ancaman penggunaan fitur ini secara berlebihan sampai-sampai merusak pengalaman. Spider-Man: Miles Morales menggunakan pemicu adaptif untuk meniru ketegangan ayunan web Miles, tetapi setelah beberapa jam, saya mulai mengalami ketegangan jari dan mematikan fitur tersebut. Jika digunakan dengan hemat, pemicu adaptif bisa menjadi tambahan yang enak. Tetapi pengembang harus berhati-hati agar tidak terlalu banyak garam.

PADA MIKROPON YANG BARU DIBANGUN

Meskipun ada lonceng dan peluit yang kembali, seperti touchpad dan kontrol gerak yang disebutkan di atas (yang berfungsi, kurang lebih, seperti sebelumnya), sebenarnya hanya ada satu lagi perbedaan utama antara pengontrol PS4 dan PS5: mikrofon.

Setiap pengontrol DualSense dilengkapi dengan mikrofon internal, memungkinkan Anda berkomunikasi dengan teman (dan musuh) secara online tanpa perlu mengambil headset. Ini adalah fitur yang berguna, tetapi juga memiliki beberapa kekurangan yang patut diperhatikan.


PS5 Dualsense

Tampilan jarak dekat dari stik analog pada pengontrol PS5

Mikrofon DualSense secara mengejutkan pandai mendeteksi saat Anda berbicara versus saat TV Anda mengeluarkan suara, dan akan mencoba memfilter yang terakhir. Bahkan dengan volume TV saya didongkrak ke tingkat yang lebih tinggi dari biasanya, teman online saya hanya mendengar akhir saya ketika saya berbicara secara aktif, daripada ketika permainan yang saya mainkan membuat ledakan keras. (Ada juga tombol untuk menonaktifkan suara mikrofon Anda jika Anda tidak ingin stres tentang semua ini.)

Fitur quasi push-to-talk itu rapi, tapi mungkin sedikit agresif. Bahkan hanya jeda singkat satu detik di antara kata-kata (mungkin untuk menambahkan drama?) Akan memotong mikrofon Anda sebelum membawanya kembali ke kata berikutnya, sering kali audio Anda terpotong dalam prosesnya. Di sisi lain, teman Anda mungkin hanya mendengar paruh kedua dari apa yang Anda katakan, karena mikrofon memutuskan kapan sudah aman untuk mulai bersuara lagi.

Terlebih lagi, mikrofon internal tidak menawarkan kualitas audio yang bagus, dan jika Anda menggunakannya tanpa headset, obrolan suara teman Anda akan secara default keluar dari pengontrol itu sendiri, yang hanya memiliki speaker yang lumayan (tapi nyaring). Anda dapat mengalihkan audio obrolan ke speaker TV Anda, tetapi yang dilakukannya hanyalah menyoroti batasan mikrofon yang ada di dalamnya.


PS5 Dualsense

Menampilkan port bawah pengontrol PS5

Dalam praktiknya, penyertaan mikrofon bagus jika Anda hanya ingin mengajukan pertanyaan singkat kepada teman. Tetapi jika Anda ingin bercakap-cakap berlarut-larut, atau Anda mencoba menyelesaikan tugas alur game yang rumit (seperti serangan Destiny 2), Anda akan lebih baik memasang headset yang sebenarnya.

KEYANG TIDAK DIKETAHUI

Ada variabel lain terkait pengontrol PlayStation 5 yang membuat sulit untuk menilai sepenuhnya pada tahap awal ini. Sejauh ini, masa pakai baterai pada DualSense tampaknya sebanding dengan DualShock 4 - Sony mengklaim masa pakai baterai lima hingga enam jam pada yang baru - tetapi tentunya itu sangat bergantung pada game mana yang Anda mainkan dan berapa banyak fitur gemuruh, pemicu, atau speaker sedang digunakan.

Selain itu, setelah beberapa tahun, pengontrol DualShock 4 pasti kehilangan sebagian besar kapasitas pengisiannya. Tes ilmiah yang benar tentang masa pakai baterai dalam jangka waktu yang lama berada di luar jangkauan pribadi saya, meskipun saya yakin orang yang lebih berpikiran teknologi akan datang dalam beberapa hari untuk mengisi kekosongan.

PS5 Dualsense
 
Pengontrol PS5 yang diletakkan di dudukan pengisi daya (tidak disertakan dengan konsol)

Ada juga pertanyaan aneh tentang tongkat analog berlendir. Tongkat analog DualShock 4, untuk alasan apa pun, menjadi sangat berlendir dan kotor jika tidak digunakan selama beberapa minggu. Dan tidak, saya tidak bermain-main dengan tangan Cheeto. Tapi itu sudah cukup menjadi masalah bahwa saya harus mengeluarkan alkohol gosok jika sudah lama sejak terakhir kali saya memainkan PS4 saya. Stik DualSense baru merasakan hal yang sama seperti pada DualShock 4, tetapi apakah akan terkena residu berlendir yang sama tetap mengudara.

Terlepas dari faktor-X ini, saya benar-benar terpesona oleh DualSense baru. Perubahan struktural utama dari DualShock 4 adalah keuntungan besar saat memegang pengontrol untuk waktu yang lama. Sementara itu, peleburan haptics dan adaptive trigger adalah cara yang sangat keren untuk membangkitkan perasaan baru yang mendalam dari peristiwa di layar. Jika DualSense akhirnya menjadi standar baru untuk 23 tahun ke depan, saya tidak akan punya masalah dengan itu.

Posting Komentar untuk "PS5 Dualsense"